Belakangan ini, kita melihat makin banyak pemegang merek, menjadi sponsor dari tim tim kuat di Esports. Banyak yang menganggap bahwa tujuannya sponsorship tersebut adalah untuk memperkenalkan suatu merek kepada gamers atau fans dari tim tersebut. Tapi kenyataannya tidaklah sesederhana itu.

Banyak merek yang menjadi sponsor, adalah merek merek yang sudah dikenal oleh kalangan luas, sehingga tidak memerlukan sponsorship supaya bisa dikenal. Dan juga, dengan menjadi sponsor dari suatu tim esports, tidaklah menjamin akan merubah para fans tim tersebut menjadi pelanggan dari merek tersebut.

Lalu apa tujuannya, mereka mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, untuk mendukung atau sponsor terhadap suatu tim ? Apakah hanya untuk mendapatkan exposure branding melalui tim esports tersebut ?

Ada satu hal yang sangat menarik, dimana KPI terhadap sponsorship suatu tim esports tidaklah hanya diukur dengan KPI Brand Awarness. Tapi juga diukur dengan KPI Loyalty (kesetiaan) atau hubungan emotional.

Saat suatu brand secara konsisten sponsor dan mendukung suatu tim esports, maka akan menumbuhkan hubungan emotional yang positif dengan para pendukung dari tim tersebut.

Saat kita sangat menyukai suatu tim, secara tidak langsung, kita juga akan menyukai siapapun yang membela atau mendukung tim tersebut. Hal yang serupa juga terjadi terhadap kebalikannya, dimana kita secara tanpa disadari, menjadi tidak suka terhadap pihak pihak yang merugikan atau menjelek jelekkan tim idola kita.

Faktor psikologi ini, ternyata bisa menjadi salah satu alasan, kenapa suatu merek melakukan dukungan atau sponsorship terhadap tim esports. Terutama terhadap tim tim yang memiliki prestasi bagus dan mempunyai fans fanatik yang cukup banyak.

Walaupun belum tentu bisa merubah fans teams tersebut menjadi pelanggan tetap, tapi mungkin bisa mengarahkan orang yang memang sudah berminat untuk membeli, untuk memilih produk dari si sponsor daripada produk lainnya dari pihak competitor.

Selain itu, walaupun belum tentu si fans ini akan membeli sendiri, mereka bisa menyarankan merek tersebut kepada pihak lain yang mau membeli.

 

 

0
0
0
s2sdefault