Kasus Galaxy battle yang diturunkan status major nya oleh valve yang berimbas dengan mundur nya 4 tim kuat seperti Virtus.Pro, Team Secret, Team Liquid dan Optic Gaming, justru menimbulkan pertanyaan baru. Apakah ke 4 tim tersebut menggunakan Doping atau obat terlarang saat bertanding ?

Dan karena menggunakan obat terlarang atau doping, sehingga mereka takut untuk hadir di Philippines yang akan menjalankan doping test bagi para atlit esports ?

Serta juga adanya kecurigaan bahwa valve telah mengetahui beberapa tim terkenal tersebut menggunakan doping, tapi tetap melindungi mereka dengan menghilangkan status Major dari Galaxy Battles. Walaupun Valve  menggunakan alasan terjadi nya pelanggaran terhadap "Player Privacy" sebagai kondisi untuk memasuki suatu negara.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa pemerintah Philippines melalui president nya, Rodrigo Duterte, telah melakukan perang terhadap penggunaan obat obat terlarang. Dan para atlit , termasuk atlit esports diharuskan untuk menjalankan doping test.

Pada saat Galaxy battles ada kemungkinan harus menjalankan test doping, mendadak para pemain top dunia yang akan bertanding di Galaxy Battles Major, memutuskan untuk tidak datang ke philippines. Hal ini justru menimbulkan "kecurigaan" bahwa ada pemain di ke 4 tim tersebut menggunakan doping saat bertanding sehingga takut untuk datang ke Philippines.

Seperti yang telah kita ketahui juga, beberapa saat yang lalu, salah satu tim dari cabang CS:GO, yaitu team Cloud9, juga terindikasi adanya penggunaan doping atau drugs oleh salah satu pemainnya. Bahkan pemain tersebut mengakui bahwa keseluruhan tim menggunakan doping obat yang berjenis Adderal.

Sebagai informasi, di Indonesia sendiri, Asosiasi Esports Indonesia atau IESPA, telah dua kali bekerja sama dengan Lembaga Anti Doping Indonesia atau LADI, untuk melakukan test doping terhadap para atlit Esports.

Test doping pertama dilakukan saat kejuaraan dunia Pointblank PBIC 2015 di Tennis Indoor Senayan, Jakarta.

Dan yang kedua, test doping dilakukan pada saat kejuaraan dunia game ke 8 yang diadakan di Ancol, Jakarta, tahun 2016 kemarin.

 

0
0
0
s2sdefault