Baru-baru ini Polygon mewawancarai petinggi dari Riot Game yaitu Marc "Tryndamere" Merill dan Brandon "Ryze" Beck, dikatakan bahwa game League of Legends dimainkan oleh 100 juta pemain/akun aktif perbulannya. Tentunya angka pertumbuhan itu termasuk luar biasa.

Pada tahun 2012, harian Forbes melansir ada sebanyak 32 juta pemain yang aktif memainkan LoL tiap bulan. Terakhir Riot Game merilis data pemainnya adalah pada bulan Januari 2014, Forbes mengabarkan kalau pemain aktif yang memainkan game LoL perbulannya adalah sebanyak 67 juta orang dan 27 juta pemainnya aktif bermain tiap harinya.

Dari pertumbuhan tersebut kita bisa lihat pertahunnya ada penambahan sebesar 33 persen hingga waktu sekarang. Sebagai perbandingan kita ambil game popular DOTA 2, pada bulan Juni 2016 tercatat hanya ada 13 juta pemain aktif perbulannya. Demikian pula dibandingkan dengan Counter-Strike: Global Offensive yang hanya mencatat 9,8 juta pemain aktif perbulannya, perbedaan angka ini jauh dibandingkan game LoL.

Game popular World of Warcraft juga tidak bisa mendekati angka perolehan dari LoL, berada di puncaknya pada tahun 2011 game WoW hanya dimainkan oleh 12 juta pemain aktif perbulannya. Jumlah pemain WoW terus menurun, dan terakhir tercatat pada November 2015 hanya tersisa 5,5 juta user aktif perbulannya karena Blizzard selaku pembuat game belum merilis update terbaru lagi.

Sebenarnya masih ada yang bisa menyaingi popularitas dari game LoL, yaitu game Solitaire yang diklaim oleh Microsoft mencapai 100 juta 'unique users'. Akan tetapi Riot Games tidak perlu khawatir, karena Solitaire biasa dimainkan orang untuk pengisi waktu senggang saja, bukan game kompetitif yang untuk dipertandingkan.

0
0
0
s2sdefault