Perusahaan data gaming Newzoo melansir laporan yang cukup mengejutkan. Menurut data terkini dari Newzoo, 22% pria dan 15% wanita di Ameriak Serikat pada rentang umur 21-35 tahun (generasi melenial) menyaksikan pertandingan esports setidaknya sekali dalam satu bulan.

Dalam laporan yang dilansir juga disebutkan bahwa jumlah penggemar yang menyaksikan pertandingan esports (pria) mulai melampaui olahraga tradisional seperti es hoki dan sebentar lagi bahkan akan melampaui cabang olahraga baseball. Lebih lanjut dikatakan kalau jumlah total pemirsa yang menyaksikan esports adalah sebanyak 148 juta orang, dan industri esports pada tahun ini bernilai $493 juta.

Dari para penggemar Esports disurvei dalam laporan ini, 76% mengatakan bahwa esports sekarang menggantikan waktu yang mereka gunakan untuk menonton olahraga tradisional. Ini mungkin bisa menjadi faktor dalam penurunan pemirsa televisi untuk olahraga, rata-rata pemirsa NFL (America Football) telah menurun 11% dari musim lalu, dengan penurunan 13 persen pada pemirsa televisi keseluruhan secara global.

Dengan pertumbuhan yang demikian pesat tidak mengherankan kalau tokoh olahraga dan organisasi olahraga bersaing untuk membentuk tim esports, seperti pemain basket Rick Fox mendirikan Echo Fox, pembelian baru-baru ini yang dilakukan Philadelphia 76ers dengan mengakusisi team Dignitas dan Apex, serta klub sepakbola Perancis Paris Saint-Germain yang mengumumkan rencana untuk masuk ke esports dengan membeli Tim Huma.

"Minat besar dari selebriti olahraga, klub, perusahaan media, dan merek menggambarkan bagaimana esports akan memimpin bisnis media dan hiburan menuju masa depan yang baru" ujar pimpinan Newzoo, Pieter van de Heuvel. Lebih lanjut dikatakan lagi kalau esports membawa inovasi dalam teknologi dan bisnis konsumer model, dan memiliki kemampuan unik untuk terlibat secara aktif dengan generasi muda.

0
0
0
s2sdefault